Rahasia Nasi Goreng Jalanan

Apa sich yang dimaksud nasi goreng jalanan. Sederhananya adalah nasi goreng yang dijual di pinggir jalan, mereka membawa jualannya kebanyakan berkeliling, tapi yang sudah punya langganan banyak, pada umumnya sudah menetap. Bumbunya biasanya hanyalah Bawang Putih dan Bawang Merah yang di krepek sama pisau besar, diberi saos tomat dan beberapa jenis minyak, jadilah nasi goreng yang sering kita. Sudah tentu rasanya gurih dan ringan. Terus anda mencoba dirumah dengan bumbu yang mungkin hampir sama meniru cara masak mereka, tetapi yang kita dapat nasi goreng kita terasa hambar tiada rasa gurih dari aroma bawang putih yang menyeruak.

nasi goreng jalanan

Apakah mereka memakai bantuan dukun, untuk menimbulkan rasa yang gurih tersebut ?

Sudah tentu tidak, kawan !

Untuk membuat nasi goreng jalanan yang enak, ini adalah beberapa tips yang disampaikan oleh pedagang sendiri, yang mungkin luput dari perhatian kita, kalau ingin berdagang serius kuliner ini, coba anda perhatikan :

  • Pilihlah wajan dari bahan baja (campuran besi), jangan wajan dengan bahan aluminium, karena dengan wajan dari bahan baja, panas akan mudah cepat tersebar kepermukaannya. Hal ini yang dibutuhkan untuk menimbulkan aroma dan menciptakan rasa yang enak dari bawah putih.
  • Jangan sesekali membersihkan wajan dengan sabun, cukup bersihkan wajan dengan menuangkan air yang dipanaskan, saput dan bersihkan dengan sapu ijuk yang khusus untuk membersihkan wajan tersebut. Apabila anda bersihkan dengan sabun, maka aroma khas dari wajan tersebut akan hilang, dan dibutuhkan untuk beberapa saat untuk menimbulkan aroma tersebut.
  • Jangan pelit dengan bawang putih. Porsi bawang putih harus lebih banyak dari bawang merah.
  • Saos tomat tidak usah memakai yang bermerk, merk lokal justru lebih nendang rasanya, tapi yang terpenting lakukan trial and errors, supaya dapat menyesuaikan cita rasa yang kita maui.
  • Jangan memilih nasi yang terlalu pulen, tapi juga jangan yang terlalu keras (beras vietnam), beras 64 sudah cukup kok. Jangan masak yang terlalu banyak air, masak dengan pas, dan dinginkan. Jangan sesekali masak Nasi Goreng dengan nasi yang masih panas atau dihangatkan di rice cooker. Kalau bisa nasinya adalah nasi kemarin, hehehe! percaya deh semakin enak.
  • Tips yang paling penting di seksi ini adalah, nasi goreng yang enak dibuat dengan memakai minyak goreng yang dibuat khusus. Buatlah dengan cara sebagai berikut : Tuangkan minyak goreng yang banyak di sebuah wajan. Tuangkan daging ayam sampai tenggelam dan panaskan. Apabila dirasa lemak ayam sudah keluar, dan dirasa daging ayam sudah matang, angkat dan tiriskan. Minyak hasil penggorengan tersebut kumpulkan dan akan menjadi minyak goreng untuk menjadi salah satu bahan nasi goreng anda.
  • Urutan memasak nasi goreng juga sangat penting diperhatikan. Panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng, setelah dirasa panas, tuangkan Bawang Putih dan Bawang Merah yang telah dihancurkan. Dengan panas yang maksimal tersebut, maka aroma bawang akan muncul, sebentar kemudian tuangkan telur, dan segera pula masukkan nasinya, aduk sampai rata. Setelah minyak dan bahan-bahan tadi sudah diratakan, matikan segera apinya. Setelah apinya mati, campur dengan saos tomat, minyak asin, raja rasa, garam, penyedap rasa, dan merica bubuk. Setelah semua tertuang, aduk dengan rata kembali, hidupkan kembali apinya dengan maksimal dan kurangi secara berlahan apinya hingga matang. Ketika Nasi udah panas, tambahkan raja rasa secukupnya, jangan kebanyakan.
  • Lakukan percobaan berkali – kali untuk menghasilkan nasi goreng yang enak. Jangan langsung praktek dan jual. Anda harus mencoba untuk mengotak – atik bumbu – bumbu tersebut dan takarannya. Jangan terlalu banyak penyedap rasa. Buat masakan anda lebih sehat untuk pelanggan ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s